Email
Harga Spesial Token PLN 20ribu=19.950 50ribu=49.950 100ribu=99.950
| Tentang | Ketentuan| Privacy & Policy | Disclaimer | | Alamat : Jalan Sudirman Simpang Desa Harapan Duri Riau 28884 |
| ☎ Telpon / Sms / Wa : 0852 7811 1234 | ✉ Email :admin@duririau.com |

Kami menjual Rumah Siap Huni, Kaplingan Strategis, juga menerima Borongan Bangunan

Kamis, 05 Desember 2019

Bisnis Kuburan Muslim oleh Lippo

PT Lippo Karawaci Tbk melalui anak usahanya San Diego Hills (SDH) Memorial Park memperkenalkan taman pemakaman Raudlatul Jannah Memorial Park, di Hotel Aryaduta, Semanggi, Selasa (3/12/2019) petang. (Beritasatu Photo)

Jakarta, Beritasatu.com - PT Lippo Karawaci Tbk melalui anak usahanya San Diego Hills Memorial Park memperkenalkan taman pemakaman Raudlatul Jannah Memorial Park, pemakaman islami untuk umat Muslim di Karawang, Jawa Barat seluas 50 hektare (ha).

"Pada umumnya makam identik dengan tempat yang tidak terawat dan seram. Namun tidak demikian dengan Raudlatul Jannah Memorial Park, pemakaman islami untuk umat muslim ini secara harfiah berarti Taman Surga,” ungkap Direktur San Diego Hills Memorial Suziany Japardy, kepada media, di Hotel Aryaduta, Semanggi, Selasa (3/12/2019) petang.

Pemakaman dengan konsep Islam ini dibangun di atas lahan seluas 50 ha berlokasi di jalan Kuta Tandingan Raya No.7, Exit Karawang Barat 2, Km.46, Jawa Barat. Pengembangan pemakaman Raudlatul Jannah Memorial Park ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat muslim yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia dengan standar pengelolaannya pun dilakukan sesuai dengan aturan dan kaidah Islam.

Menurut Suziany, konsep desain arsitektur bangunan yang ada di Raudlatul Jannah Memorial Park mengingatkan umat Islam untuk memuji kebesaran Allah dan selalu melakukan perintah Allah. Misalnya pada bangunan totem yang berdiri di kiri kanan jalan utama menuju Family Center, tertulis kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil, dan Takbir. Arti dari kalimat dzikir tadi adalah Maha Suci Allah, Segala Puji bagi Allah, Tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Maha Besar Allah.

Pemakaman ini dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dan ini sejalan dengan tradisi umat muslim untuk berziarah ke makam para leluhur. Raudlatul Jannah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seluas 2 ha yang terdiri atas Masjid Raudlatul Jannah berkapasitas 150 orang, Restaurant Acacia yang menyediakan menu ala nusantara, Food Mart, Jasmine Florist Shop, danMarketing Office. Semua itu membuat pemakaman ini menjadi tempat yang nyaman bagi keluarga yang ingin berziarah ke makam leluhur mereka.

Selain penyediaan lahan pemakaman, Raudlatul Jannah juga memberikan pelayanan lengkap mulai dari memandikan jenazah, mengkafani, mensalatkan, membawa jenazah ke pemakaman, hingga memakamkan jenazah. Mengingat pemakaman jenazah seorang muslim harus dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam setelah meninggal, Raudlatul Jannah menyediakan pelayanan di luar jam kerja atas permintaan khusus.

Usai pemakaman, Raudlatul Jannah juga memberikan pelayanan penyediaan batu nisan, penyediaan tenda dan kursi untuk ziarah di makam, hingga pemeliharaan lahan pemakaman danpenjagaan keamanan selama 24 jam 7 hari seminggu.

Lahan Makam di Depok Tersisa 12 Hektare

Suziany menjelaskan, lahan yang disiapkan sekitar 50 ha ini diperkirakan menampung sekitar satu juta pemakaman dan rencananya pembangunannya bakal mulai dilakukan pada Desember 2019.

"Di pemakaman ini kita memanusiakan jenazah. Karena itu kami sudah konsultasi dangan para ulama dan Nahdatul Ulama sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia. Jadi nanti pemakaman Raudlatul Jannah tersebut akan jauh dari kesan seram dan tidak terawat dan akan memberi kenyamanan bagi keluarga yang berkunjung,” ujar dia.

Karena itu Raudlatul Jannah dipasarkan mulai dari ukuran 1,50 x 2,60 meter persegi, sesuai dengan syariat Islam. Dimana tiap liangnya akan dibanderol dengan harga awal promo sekitar Rp 32,80 juta sampai dengan Rp 38 juta. Selain itu, untuk tipe semi privat yang bisa untuk kuburan keluarga dibanderol dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan.

"Jadi harga tersebut termasuk future care. Misalnya, beli satu lahan dan pembelinya umurnya kurang 64 tahun ada cover asuransi biaya pemakaman. Jadi, dalam 5 tahun mau dipakai akan dibayar servisnya melalui asuransi future care itu,” kata dia.

Menurut Suziany, pemakaman bagi umat muslim ini tidak begitu repot dansangat sederhana, tidak perlu mewah. Jadi, fasilitas tidak sebanyak yang ada di San Diego Hills, tapi pengunjung ramai. Dalam pemakaman pihaknya memastikan bahwa seluruh proses penguburan sampai selesai semua akan mematuhi syariat Islam.

Penulis: Imam Muzakir / Chairul Fikri / FER
Sumber: Investor Daily

Tidak ada komentar: