Jual/Kredit Rumah/Tanah di Duri Riau ? Hubungi 0896 2003 7000 / 0852 7811 1234 ( TELP/WA )



Email

| Tentang | Ketentuan| Privacy & Policy | Disclaimer | | Alamat : Jalan Sudirman No.40 Duri Riau 28884 |
| ☎ Telpon : (0765) 594246 ☏ Mobile : 0896 2003 7000 / 0852 7811 1234( TELP/WA ) | ✉ Email :admin@duririau.com |

hanya Bulan ini, Program RUMAH GRATIS ? Siapa Mau ? klik : www.rumahpublik.com

Senin, 17 Januari 2011

IPAD KELUARAN HUAWEI : SMAKIT S7

Mengedepankan Fasilitas
Untuk menyaingi iPad, Huawei menawarkan Smakit S7. Soal rasa memang kalah menggoda, namun fasilitasnya patut dicoba.
Kesuksesan iPad memang bikin iri. Hanya dalam tempo 80 hari, sudah 3 juta iPad terjual. Tidak heran jika banyak pabrikan yang mencoba peruntungan dengan merilis produk sejenis. Salah satunya adalah Huawei, perusahaan telekomunikasi asal China, yang merilis perangkat tablet PC++ yang disebut Smakit S7. 
Kami menggunakan istilah “plus-plus” karena Smakit S7 memang bukan sekadar tablet PC. Selain sebagai perangkat komputasi, Smakit S7 juga perangkat komunikasi. Di bagian belakang baterai terdapat slot SIM card jenis GSM sehingga Anda bisa menelepon menggunakan perangkat ini. Namun dengan ukuran sekitar 21x10,7 cm, memang agak aneh jika mengoperasikan perangkat ini seperti ponsel biasa. Solusi paling elegan adalah menggunakan headset yang terhubung melalui koneksi Bluetooth.
Selain Bluetooth, fasilitas yang ditawarkan perangkat ini terbilang komplit. Untuk koneksi nirkabel, tersedia WiFi dan GSM yang mendukung HSDPA. Tersedia pula fasilitas GPS yang dalam pengujian kami sangat cepat menemukan lokasi. Sedangkan untuk koneksi berbasis kabel, tersedia port micro-USB seperti yang digunakan ponsel Nokia. Fasilitas lain adalah slot microSD dan kamera di sisi depan. 
Layar sentuhnya sendiri memiliki ukuran 7 inci dengan resolusi 800x480 pixel, atau masih di bawah iPad (10 inci, resolusi 1024x800 pixel). Soal sensitivitas, Smakit S7 juga tidak sebaik iPad. Di Smakit, kami harus sedikit menekan layar untuk memastikan input kami terbaca—berbeda dibanding iPad yang hanya membutuhkan sentuhan ringan.  Hal ini sepertinya disebabkan layarnya yang bertipe resistif, bukan kapasitif seperti iPad. Itulah yang mungkin menyebabkan Huawei tetap menyediakan stylus yang tersimpan di sisi belakang perangkat.
Jika tidak suka dengan layar sentuhnya, Huawei Smakit S7 menyediakan tombol sebagai alat input. Tombol tersebut meliputi On/Off, Menu, Back, dan Home. Tombol tersebut didesain rata dengan permukaan lain sehingga terlihat rapi. Namun jangan khawatir, sentuhan ringan sudah cukup mengaktifkan tombol-tombol tersebut.
Tombol-tombol yang ada di sisi kiri itu berpadu ideal dengan touchpad di sisi kanan. Fungsi dan ukuran touchpad ini mirip seperti yang digunakan Blackberry, yaitu sebagai alat navigasi yang meloncat-loncat di menu yang bisa diakses. Menurut kami, metode ini jauh lebih cepat dan menyenangkan dibanding layar sentuhnya.
Sistem operasi yang digunakan Smakit S7 adalah Android 2.1. Namun untuk tampil beda, Huawei menanamkan homescreen khusus di atas Android tersebut. Homescreen ini membagi fasilitas dalam 5 menu utama, yaitu Home, Web, Entertainment, Communication, dan Favorite. Pada masing-masing menu tersebut adalah aplikasi yang berkaitan (seperti di menu Web terdapat aplikasi Browser), namun  Anda tetap bisa menambahkan aplikasi lain ke tiap menu tersebut.
Smakit S7 ini juga bisa digunakan sebagai perangkat hiburan karena kemampuannya memutar video ukuran 720p. Namun perlu dicatat, format yang didukung cuma AVI dan 3GP, sementara format FLV, WMV, dan MOV tidak bisa. Sedangkan di sisi audio, format yang bisa diputar adalah MP3 dan M4a. Kualitas video dan audio yang dihasilkan cukup bagus, meski tetap tidak bisa menandingi iPad.
Smakit S7 ini sendiri dilengkapi dengan baterai Li-On berukuran 3300mAh. Sayang, baterai dari unit yang kami uji ini agak bermasalah sehingga kami tidak bisa mengukur berapa lama perangkat ini bertahan dalam mode baterai.(Wisnu Nugroho)
***
Mau tidak mau, Huawei Smakit S7 ini memang harus dibandingkan dengan iPad. Lalu, bagusan mana? Kalau soal kenyamanan, iPad belum tertandingi. Belum lagi jika kita masukkan faktor layar layar iPad yang lebih besar dan jauh lebih bagus. Namun dari fasilitas, Huawei Smakit S7 lebih unggul. Semua yang ada di iPad ada di perangkat ini, dan masih ditambah kemampuan menelepon, GPS, kamera, dan kemudahan ekspansi melalui microSD Card. Dan meski belum pasti, Smakit S7 dibandrol dengan harga Rp.5 jutaan, sehingga relatif sama dengan iPad. Jadi pilihannya tergantung kebutuhan Anda: kenyamanan pakai atau fasilitas.
Spesifikasi Huawei Smakit S7
Jaringan
GSM 850/900/1800/1900 MHz, HSPA/WCDMA: 900/2100 MHz
Layar
7 inci, touchscreen resistif, LED, 800x480 pixel
Sistem operasi
Android 2.1
Memori internal
Tidak diketahui
Memori tambahan
microSD (sampai 32GB)
Kamera
2MP autofocus
Konektivitas
HSPA, WiFi, Bluetooth, USB mikro, GPS
Baterai
Li-ion 3.7V 3300mAh
Dimensi
21x10,7x1,5 cm
Bobot
500 gram
Aplikasi Penting
Facebook, Email, Google Talk, Android Market, Document ToGo, Twidroid Pro
Situs Web
Harga kisaran*
Belum diketahui
 * Huawei Indonesia (021) 25552888

Mudah Ekspansi

Jika iPad memiliki kapasitas tetap, Smakit S7 ini sifatnya fleksibel. Pasalnya, penyimpanan data dilakukan di SD card yang slotnya berada di bagian bawah ini. Di samping slot memori tersebut juga terdapat colokan untuk docking.

Navigasi via Touchpad

Jika kurang menyukai layar sentuhnya, Anda bisa mengakses menu melalui fasilitas touchpad ini. Cara kerjanya mirip seperti touchpad di Blackberry yang ketika digerakkan akan meloncat-loncat ke menu yang bisa dipilih.


Aplikasi

Inilah menu aplikasi Smakit S7. Beberapa aplikasi penting seperti Google Talk dan Document ToGo sudah disediakan secara default. Namun tentu saja, Anda bisa berbelanja sendiri melalui Android Market.




Plus
     : Fasilitas komplit (HDPA, WiFi, Bluetooth, GPS, webcam); mudah diekspansi.
Minus : Layar sentuh kurang sensitif.

Tidak ada komentar: