Jual/Kredit Rumah/Tanah di Duri Riau ? Hubungi 0896 2003 7000 / 0852 7811 1234 ( TELP/WA )



Email

| Tentang | Ketentuan| Privacy & Policy | Disclaimer | | Alamat : Jalan Sudirman No.40 Duri Riau 28884 |
| ☎ Telpon : (0765) 594246 ☏ Mobile : 0896 2003 7000 / 0852 7811 1234( TELP/WA ) | ✉ Email :admin@duririau.com |

hanya Bulan ini, Program RUMAH GRATIS ? Siapa Mau ? klik : www.rumahpublik.com

Kamis, 25 November 2010

MANFAAT MANDI


Sebagian besar orang melakukan mandi hanya sebagai rutinitas saja, padahal banyak faedah yang bisa didapatkan jika rajin mandi. Apa saja imbalan buat yang rajin mandi?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa orang dengan diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam untuk berendam di air hangat bisa menurunkan kadar gulanya sekitar 13 persen.

Seperti dikutip dari Healthmad.com, Kamis (25/11/2010) penelitian lain di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pada pria maupun wanita, serta mengurangi rasa sakit.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari mandi, yaitu:

1. Relaksasi otot sehingga bisa membantu mengurangi kram, rasa sakit, menghilangkan sakit kepala akibat ketegangan, meningkatkan elastisitas otot dan juga membuat tubuh menjadi rileks.

Ketika mandi air hangat diikuti dengan peregangan lembut akan bermanfaat bagi sistem muskuloskeletal, sehingga membantu mempertahankan posisi otot dan mengurangi ketegangan.

2. Rutinitas mandi secara teratur bisa mengurangi bau badan, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membunuh strain bakteri serta virus, sehingga bisa menurunkan risiko terkena pilek dan infeksi.

3. Meningkatkan sirkulasi sistem getah bening yang dibutuhkan dalam proses berkeringat. Hal ini membantu membersihkan sistem dari racun, serta sistem yang bertanggung jawab terhadap respons kekebalan untuk menghancurkan bakteri dan virus yang bisa membuat sakit.

4. Meningkatkan sirkulasi darah sehingga seluruh organ tubuh bisa mendapatkan jumlah oksigen yang cukup dan jaringan yang rusak mendapatkan sel darah yang bergizi.

Selain itu sel-sel mati juga dikeluarkan dari tubuh lebih cepat dan meningkatkan kemampuan untuk tetap sehat dan energik.

5. Secara psikologis, mandi memberikan waktu bagi seseorang untuk bersantai dan beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Saat mandi biasanya seseorang melepaskan segala hal yang dapat mengganggu pikirannya dan membuat otak menjadi lebih rileks.

Sebaliknya jika orang malas mandi kemungkinan akan merasa gatal dan banyak kotoran yang melekat di tubuh, hal ini tentu saja meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi.

Banyak orang tidak menyadari, tubuh manusia rata-rata ditutupi oleh sekitar 2 meter kulit yang mengandung 2,6 juta kelenjar keringat yang selalu berkeringat.

Selain kelenjar keringat, kulit juga ditumbuhi oleh ribuan rambut-rambut kecil dan halus. Jika seseorang tidak mandi, maka lapisan kotoran akan semakin menebal dan membuat kotoran sulit keluar dari tubuh.

Orang yang tidak mandi beberapa hari akan menimbulkan bau yang disebabkan oleh bercampurnya antara bakteri dan rambut di kulit dengan hasil metabolisme berupa protein dan asam lemak.

Tidak ada komentar: