Jual/Kredit Rumah/Tanah di Duri Riau ? Hubungi 0896 2003 7000 / 0852 7811 1234 ( TELP/WA )



Email

| Tentang | Ketentuan| Privacy & Policy | Disclaimer | | Alamat : Jalan Sudirman No.40 Duri Riau 28884 |
| ☎ Telpon : (0765) 594246 ☏ Mobile : 0896 2003 7000 / 0852 7811 1234( TELP/WA ) | ✉ Email :admin@duririau.com |

hanya Bulan ini, Program RUMAH GRATIS ? Siapa Mau ? klik : www.rumahpublik.com

Rabu, 27 Oktober 2010

BEBERAPA TIPS JUAL BELI ONLINE AMAN


TRANSAKSI ONLINE AMAN
Bagi Pembeli:
1.Bila anda tertarik dengan sebuah iklan dan ingin melakukan kontak dengan orang yang memasang iklan barang tersebut, anda tidak masalah untuk menghubungi Kami (admin iklanduririau.com) untuk bertanya sebelum Anda menghubungi si pemasang iklan tersebut baik lewat email maupun telepon. Pada proses komunikasi ini sepenuhnya adalah privacy anda.
2.Mintalah informasi yang jelas mengenai produk atau barang yang dijual; kondisi barang, harganya, bagaimana cara pembayaran dan system pengiriman barang dll.
3.Khusus untuk penjual atau pembeli yang beda kota, sebaiknya anda minta verifikasi data-data identitas (KTP dan SIM)  Kenapa harus SIM dan KTP? Hal ini dimaksudkan untuk menguji bahwa kedua ID itu memang cocok.
Kalau bisa apabila si penjual adalah perusahaan, kami menyarankan anda untuk meminta konfirmasi data perusahaan terutama SIUP dan NPWP mereka.
4.Khusus untuk barang second hand, baik itu barang elektronik, komputer, kamera, handphone, dan sebagainya yang dijual oleh perorangan, kami menyarankan anda untuk meminta bantuan orang di kota si penjual yang bisa anda percayai, baik keluarga, teman dan kolega untuk memverifikkasi barang tersebut cocok seperti apa yang ditawarkan kepada anda, baik kelengkapan maupun kondisi barang tesebut. Anda harus meminta kepada si penjual untuk mendemokan barangnya kepada orang yang anda tunjuk sebagai representasi anda di kota tersebut. Jadi jangan melakukan transaksi apapun sebelum ada konfirmasi dari representasi anda bahwa barang tersebut memang cocok menurut kriteria anda.
5.Jika si penjual meminta sejumlah uang muka agar di transfer melalui rekening banknya, sebelum mengirim uang mohon terlebih dahulu untuk meminta foto copy KTP dan SIM dan No rekening si penjual dan lakukan verifikasi ke tiga dokumen tersebut apakah asli satu dengan yang lainnya.
6.Apabila semuanya sudah OK, baru anda bisa melakukan transfer uang kepada si penjual melalui bank-bank ternama dan melalui orang yang anda percayakan di kota tersebut.
7.Extra hati-hati, jika iklan si penjual mengandung janji-janji yang terlalu muluk-muluk atau berlebihan (jangan mudah terpancing !). Jika ada, mintalah garansi atau bukti pembelian secara tertulis dari penjual.
8.Jika memungkinkan hindari metode transaksi dengan cara melakukan transfer uang melalui bank dan memilih metode konvensional
ada barang ada uang”.
9.Pastikan anda bertranskasi di lokasi yang aman.
Khusus Untuk Penjual :
Pastikan iklan barang atau jasa yang anda pasang memberikan informasi yang lengkap sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan pembeli.
1.Untuk pembayaran tidak tunai, pastikan uangnya telah cair atau masuk ke rekening anda sebelum anda memberikan barang kepada si pembeli.
2.Jika memungkinkan peragakan pemakaian barang yang anda jual dan pastikan pembeli telah memeriksa kondisi barang tersebut agar tidak terjadi komplain setelahnya.
3.Jika anda memberikan garansi, pastikan bahwa pembeli telah mengerti syarat-syaratnya dan ruang lingkup garansi tersebut agar tidak terjadi salah pengertian.
4.Khusus untuk anda yang menitipkan barang di courier sesuai kesepakatan dengan pembeli, yakinkan bahwa barang yang akan anda titipkan berstatus aman. Masa penitipan barang sebaiknya tidak lebih dari 12 jam kerja pada jasa courier tersebut.
5.Pastikan anda bertranskasi di lokasi yang aman.
Tips-tips diatas hanyalah saran yang mungkin bisa membantu anda. Akan tetapi tanggunjawab pada akhirnya ada di tangan anda sendiri. Selalu berhati-hati dan gunakan akal sehat dan hati nurani dalam bertranskasi dengan siapapun.

Tidak ada komentar: